Edit Localtime dan Jam Pada Centos via SSH

          Kadang suka lupa kalo ga di catat mas gan, padahal ini sangat penting (setidaknya buat saya). karena jika dibiarin ya ga bakalan sinkron sama aplikasi billing saya, ahahahaha....
Kalo setup server hampir dipastikan yang saya rubah adalah clock nya, soalnya hal sepele malah jadi runyam karena jam yang kita gunakan ga sama dengan jam lokal.

          Sebetulnya gampang banget kalo mau ganti localtime ataupun jam jika kita menggunakan GUI bukan ? tapi kalo pada admin kadang ga ada visualnya dan tentusaja mereka anggap ini adalah cool alias keren :)

Pada awalnya, sebelum saya rubah ketika saya cek :
# date
akan tampil seperti gambar dibawah ini :



Berikutnya saya ingin mengganti ke WIB untuk Asia/Jakarta :
  • Pertama-tama, pastikan agan membackup dulu file aslinya :
    # mv /etc/localtime /etc/localtime.bak
  • Lalu buat link seperti berikut :
    # ln -s /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta /etc/localtime
    Pastikan ini mengarah ke Asia/Jakarta
dan berikut adalah hasilnya :



Akan tetapi jam/waktu tersebut tidak sama dengan komputer yang saya gunakan, akhirnya saya menggunakan pengaturan jam secara paksa dengan command :
# date 122121272013
Rincian :
12 = Bulan
21 = Tanggal
21 = Jam
27 = Menit
2013 = Tahun


Berikut adalah hasilnya setelah command tersebut dijalankan :






Semoga Bermanfaat ya mas gan dan silahkan mampir ke website saya jika ada waktu :)
sundahosting / daftarhosting


Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar